Pages

July 31, 2015

[Review] Sempurna #Nonier

Judul: Sempurna
Penulis : Nonier
Tahun Terbit : Cetakan Pertama 2012
                        Cetakan Keempat 2013
Penerbit : Gagasmedia
Jumlah Halaman : 325 halaman

Sinopsis
Aku tak akan membiarkan diriku jatuh cinta pada seseorang yang tak bisa kumiliki....

Kau adalah musuk bagi hatiku. Yang membuat aku waspada dan aku buru-buru membentengi diri agar tak terpikat pada pesonamu. Tapi, kau terus memaksa masuk. Seperti kuda Troya, kau sukses menyelusup ke ruang hatiku. Aku memang bertekad menjauhimu, tetapi jantungku ternyata tak cukup kuat untuk membendung setiap debaran yang tercipta karena dirimu.

Aku tahu akan menyesali semuanya, tetapi tak ada yang bisa kulakukan... Aku terlanjur menerjunkan diri ke dalam api cintamu. Terbakar bersama cinta yang kelak juga aka membungihanguskan kebahagiaanku. Aku nekat, mengambil risiko terluka lagi... dan kali ini karenamu.

Sempurna adalah salah satu novel karya Nonier yang diterbitkan tahun 2012 pertama kali. Di tahun 2013, novel ini telah memasuki cetakan keempat. Selain Sempurna, novel lain yang ditulis oleh Nonier adalah Smash! dan Dia.

Novel ini menceritakan tentang laki-laki bernama Awang yang harus menuruti kehendak Utinya—Neneknya. Ia terpaksa harus menemui seorang gadis berusia 18 tahun yang menjadi pembantu di kawasan Ciputat. Awalnya, ia mengira masalah tersebut akan cepat selesai dengan mudah. Bertemu dengan gadis itu, menjelaskan duduk perkaranya, dan tugasnya selesai. Tetapi, ia salah. Ia tidak bertemu dengan gadis itu—Watik namanya. Ia justru bertemu dengan anak majikan Watik bernama Kejora. Gadis mungil itu mempersulit urusan Awang, dan mengakibatkan ia harus terlibat dengan hal-hal tak terduga.

Selain masalahnya dengan Kejora harus cepat selesai, seorang gadis dengan tubuh semampai, berkulit putih, tanpa aba-aba sedikitpun mendatangi rumahnya, mengulurkan kembali harapan yang tiga tahun lalu luluh lantak dikarenakan gadis itu.

Namun perlahan, kehadiran gadis itu—Nanda bukanlah yang ia inginkan. Dahulu, ia selalu berharap gadis itu kembali padanya. Pertemuannya dengan Kejora mengubah kebekuan hatinya. Sayangnya, perasaannya bertepuk sebelah tangan. Kejora telah memiliki laki-laki yang dengan setia bersamanya selama tiga tahun ini. Dimas—laki-laki yang menggantung harapan Kejora, karena ia merasa tidak jelas statusnya dengan Dimas. Dimas hanya mengatakan “jalani saja”.

Sewaktu-waktu Kejora merasa ragu akan perasaannya sendiri, berusaha meyakinkan siapa yang sesungguhnya ia cintai. Kepada siapakah perasaan sesungguhnya itu akan berlabuh? Kepada Awang atau Dimas?

Sama dengan novel penulis sebelumnya, saya jatuh cinta dengan novel ini. Konflik yang dihadirkan cukup aneh, menyuruh Awang untuk menyelesaikan masalah yang sebenarnya bukan urusannya. Alhasil, karena masalah itu Awang bertemu dengan Kejora.

Ceritanya mengalir begitu saja, sehingga mudah di pahami. Beberapa kali saya ikut tertawa karena tingkah Awang kepada Kejora yang membuat saya geregetan. Saya menyukai sifat Awang yang dingin, kaku, dan menyebalkan. Tetapi di balik sifat tersebut ada sisi kelembutan yang dimilikinya. Ia begitu karena masa lalu yang membuatnya harus bersikap dingin kepada setiap wanita yang mendekat padanya.

Pada bagian klimaksnya, saya merasakan emosional yang menguap di udara. Perasaaan saya bercampur aduk saat membaca bagian-bagian akhir. Penulis mampu mengaduk-aduk perasaan saya yang semulanya datar. Akhirnya, penulis sukses membuat saya jatuh hati pada novel ini.

Sayangnya, saya menemukan typo beberapa kali. Bukan sekali atau dua kali, tetapi nyaris setiap bab ada saya yang salah ketik. Jujur, hal itu cukup menganggu kenikmatan selama saya membaca. Ini untuk pertama kalinya saya menemukan novel dengan typo  yang lumayan banyak. Walaupun begitu, kekurangan ini tidak mengurangi isi dari cerita di novel ini.

Saya sudah membaca novel Smash! Dia, dan Sempurna. Ketiga novel ini, saya melihat adanya kesamaan. Cerita yang dihadirkan sama-sama dimulai dari kebencian dan diakhiri dengan rasa suka yang perlahan hadir di antara mereka. Sedangkan novel Dia dan Sempurna, tokoh laki-laki di dalamnya, sifat mereka begitu mirip. Dingin, kaku, begitu menyebalkan, tetapi berhati lembut. Selain itu, antara Saka dan Awang mempunyai masa lalu yang sama-sama menyedihkan. Hingga membuat dua tokoh tersebut bersifat dingin, bahkan beku untuk mengenal wanita lebih dekat. Mereka sama-sama ditinggal oleh orang terkasih akibat pernikahan. Dan, karena sifat tokoh inilah yang membuat saya menyukai novel-novel yang ditulis Nonier.

Akhirnya, saya memberikan 4/5 bintang untuk novel ini. Kehilangan satu bintang untuk karena typo yang begitu banyak saya temukan.

Nb: Novel ini saya temukan ketika saya berusaha mencari novel  If You Were Mine karya Clara Canceriana. Jujur, saya harus bermandi peluh mencari novel tersebut. Saya ingin membacanya lagi. Karena terbilang novel lama, sehingga saya mencari di Toko Buku Sari Anggrek—yang jauh hari saya menyimpulkan untuk mencari novel-novel lama, memang sebaiknya di toko buku ini dibandingkan di Gramedia. Alhasil, saya justru menemukan ini. Bukan melihat judul, melainkan melihat penulisnya. Padahal, tadinya saya akan membeli novel Close to You karya Clara Canceriana. Namun, setelah menimbang-nimbang saya memutuskan untuk membeli novel Sempurna—mengingat sudah dua novel dengan penulis yang sama membuat saya tak pernah bosan membaca novel tersebut berulang kali.


Nah, akhir kata, saya tidak menyesal menemukan novel ini. 

4 comments:

  1. Hai, Rifani. Makasih udah posting Sempurna. Awal Desember 2015 novel terbaruku keluar, judulnya LOVE LETTER AND LEUSER, terbitan Gramedia. Aku akan senang kalau kamu mereview novel baruku itu nanti :)

    ReplyDelete
  2. Wah, udah gak sabar nunggu novel kakak selanjutnya ^^
    Siipp, ditunggu novelnya di gramedia, dan semoga bisa mereviewnya nanti^^

    ReplyDelete
  3. Kak ending dari cerita sempurna apasih kak
    Bikin penasaran,nggak ada niatan gitu bikin sempurna yang ke 2?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga merasa gitu...
      Gantung gak sih? Hehe
      Maunya sih gitu, dibikinin novel yang kedua :D

      Salam kenal yaa ^^

      Delete