Pages

July 31, 2015

[Review] The Perfect Muslimah #AhmadRifa'iRif'an

Judul : The Perfect Muslimah
Penulis : Ahmad Rifa’i Rif’an
Tahun Terbit : Cetakan ke-1: November 2012
                         Cetakan ke-2: Februari 2013
                         Cetakan ke-3: April 2013
                         Cetakan ke-4: Juni 2013
                         Cetakan ke-5: Desember 2013
                         Cetakan ke-6: Maret 2014
Penerbit : PT. Elex Media Komputindo
Jumlah Halaman : 291 Halaman
Sinopsis

The Perfect Muslimah. Indah akhlaknya, teduh parasnya, brilian otaknya, mantap ilmu agamanya, luas pergaulannya, dahsyat prestasinya, hebat kontribusinya. Auratnya terjaga, pergaulannya terjaga, prilakunya terjaga. Matanya berkilau oleh air mata takwa, bibirnya basah dengan untaian petuah, rambutnya tertutup oleh uluran jilbabnya. Bicaranya dakwah, pendengarannya tilawah, geraknya jihad fii sabilillah. Hatinya penuh zikir, otaknya penuh pikir, dipercantik oleh terjaganya lahir. The Perfect Muslimah. Kaulah gemintang yang menghias langit yang pekat. Kaulah rembulan yang cahayanya teduh tak memanaskan. Kaulah bidadari bumi yang kelak jadi bidadari yang tercantik di surga.
Kisah tentang seorang mahasiswi yang ingin hidup mandiri sehingga menolak uang beasiswa untuk kuliahnya.

Rahasia seoramg mahasiswa yang tiap semester selalu meraih indeks prestasi tertinggi di kampusnya, berhasil kuliah di luar negeri, dan kini menjad dosen di sebuah perguruan tinggi favorit.

Kisah seorang mahasiswi yang otaknya makin brilian saat memutuskan menjadi hafizah (penghafal al-qur’an).

Perjalanan gadis yang ingin sekali menikah tetapi Tuhan tak jua mengabulkan pintanya. Ia baru menemukan jodoh terbaiknya saat melaksanakan petuah seorang bijak.

Muslimah yang dulunya bingung antara pilihan karier yang cerah dan menjadi ibu rumah tangga yang hebat.

Kisah  seorang gadis remaja yang meraih nilai UAN tertinggi tingkat nasional usai merutinkan tahajud, sedekah, dann doa orangtua.

Temukan kisah-kisah inspiratif lainnya dalam buku ini.

The Perfect Muslimah merupakan salah satu karya best seller yang ditulis oleh Ahmad Rifa’i Rifa’n. Penulis telah banyak menghasilkan karya-karya brilian, yang salah satunya adalah buku ini—The Perfect Muslimah. Kurang lebih, buku ini telah memasuki cetakan ke-6, dan bahkan hanya dalam satu tahun sudah dicetak beberapa kali.

The Perfect Muslimah. Buku ini diperuntukkan untuk para muslimah untuk menjadi seseorang yang lebih sempurna di hadapanNya. Banyak kisah inspiratif yang diberikan oleh penulis yang dapat menjadi bahan renungan untuk memperbaiki diri serta lebih mendekatkan diri padaNya. Cerita yang disampaikan adalah kisah nyata, yang secara jelas adanya bukti yang terlihat dalam kehidupan sehari-hari, sehingga tidak sekedar untaian kata belaka.

Selain itu, rangkaian kata yang disusun penulis sangat mudah dipahami dan tidak bertele-tele. Pembaca lebih mudah mengerti maksud dan tujuan yang ingin disampaikan penulis. Umumnya buku yang bergenre religi kadangkala dibutuhkan pemahaman yang baik untuk mengerti informasi yang disampaikan oleh penulis. Lain halnya dengan buku ini, penulis secara gamblang menyampaikan informasi yang bahasanya tidak begitu rumit. Akibatnya, pembaca seolah tidak ada hambatan saat membacanya dan mengalir begitu saja informasi-informasi yang hendak disampaikan.

Isi dari buku ini dibagi menjadi enam bagian, diantaranya: Brilian Otaknya, Suci Cintanya, Luas Pengaruhnya, Indah Akhlaknya, Teduh Parasnya, Teguh Imannya. Masing-masing dari bagian ini terdapat beberapa kisah menarik yang dapat menginspirasi. Beberapa kisah secara nyata yang ternyata dapat ditemukan di tengah masyarakat, dan beberapa kisah teladan yang ditemukan dari orang-orang yang begitu indah di mata Allah pada zaman Rasulullah SAW.

Buku ini ditulis secara apik oleh penulis dan tersusun rapi. Masing-masing bagian jelas ceritanya mengarah kemana. Sehingga pembaca tidak perlu kebingungan ini bagian yang mana.  Selain itu, di dalam buku ini juga diberikan quotes  pembangun diri untuk menjadi bahan renungan dan pertimbangan untuk diri sendiri.

Sejauh ini, buku ini sangat disarankan dibaca untuk para muslimah sebagai ranah inspiratif membenah diri, dan menjadi renungan diri. Penulis sengaja membuat buku ini setipis dan semurah mungkin. Buku yang tipis menyebabkan pembaca dapat membawa buku ini kemana saja, dikarenakan tidak terlalu berat dan tidak membutuhkan tempat yang besar. Selain itu, harga yang cukup murah menunjang buku ini dapat dijangkau oleh hampir kalangan masyarakat. Karena kebanyakan buku-buku agama mempunyai harga yang tinggi di pasaran, sehingga tidak jarang pembaca akan berpikir dua kali untuk membelinya.

Secara keseluruhan, buku ini terlihat tidak memiliki cacat. Tetapi bukan berarti buku ini sempurna, setidaknya mendekati sempurna ‘ya’. Saya masih belum menemukan kekurangan yang berarti dari buku ini. Sehingga, akan sangat menyenangkan bagi pembaca yang melihat buku ini untuk segera membeli dan membacanya. InsyaAllah, saya yakin pembaca tidak akan menyesal membaca buku ini.


Penutup, saya memberikan rating 5/5 bintang untuk buku ini. 

No comments:

Post a Comment