Pages

August 1, 2013

[Jurnal] 'Kegilaan' Pada Kak Orizuka


Okke Rizka Septiana—Orizuka, dialah sosok penulis yang tiba-tiba membuatku tergila-gila untuk mengoleksi karya-karyanya. Sebenarnya cukup lucu, karena aku bukanlah fans atau penggilanya dari tahun yang lama. Aku BARU tergila-gila dengan karyanya di tahun ini. Ya, tahun 2013. Tahun yang menurutku begitu banyak lika liku untukku. ^ ^

Berawal dari ketidak tahuanku tentang karyanya, dan tidak begitu ngeh dengan karyanya. Menurutku, bukan untuk pertama kali di tahun 2013 aku membaca karyanya. Tetapi sudah jauh, bahkan ketika aku masih duduk di bangku SMP aku sudah membaca karyanya. Seperti yang kukatakan tadi, aku tidak begitu ngeh, dan tidak terlalu memperhatikan siapa penulis novelnya. Sewaktu SMP, salah seorang temanku dengan senang hati meminjamkan novel Kak Ori yang berjudul Summer Breeze—-novel yang sudah diangkat ke layar lebar. Aku hanya sekedar membacanya tanpa tahu siapa penulisnya. Lalu, aku kembali dipinjamkan novel Kak Ori yang berjudul High School Paradise *seri pertama*, dan reaksiku tetap sama—AKU TIDAK TERLALU MEMPEDULIKAN PENULISNYA. Hingga aku mengecap pendidikan terakhirku di SMA, barulah aku sadar jika novel-novel yang selama ini kubaca adalah milik Kak Ori. Oke, beginilah kronologi aku mulai tertarik dengan novel Kak Ori. \m/




Aku tidak tahu kapan pastinya membaca novel Kak Ori yang berjudul Infinitely Yours. Sepulang sekolah sehari sebelum menikmati libur semester satu kelas XII, aku menyinggahi taman baca yang biasa kusinggahi. Alasan untuk menghilangkan rasa bosan di rumah, aku meminjam beberapa novel di sana. Aku lupa apa-apa saja judul novel yang kupinjam, yang kuingat hanya novel Kak Ori berjudul Infinitely Yours. Tadinya aku mengira jika penulisnya adalah orang Jepang, karena nama yang identik kemungkinan tersebut—Orizuka. Bahkan ketika aku memberi saran pada teman-temanku untuk membeli novel Kak Ori, mereka langsung bertanya padaku, “Novel terjemahan?”. 

Akhirnya, itulah novel pertama Kak Ori yang benar-benar kuperhatikan siapa penulisnya, termasuk membaca ucapan thanks to (biasanya aku langsung pada bab awal). Tetapi, entah karna memori otakku terlalu sulit mengingat, atau karena apa, aku lupa bagaimana kisah yang ada di novel Infinitely Yours -____- (Mungkin menyuruhku untuk membeli novel ini supaya ingat lagi). Tiga bulan setelah aku membaca novel tersebut, aku mengunjungi toko Buku Gramedia seorang diri (kebiasaan burukku). Tanpa sengaja aku melirik ke arah rak buku yang penuh dengan terbitan gagasmedia, dan beberapa terbitan lain. Mataku tertuju pada novel Orizuka. Novelnya ber-cover pink, dan berjudul I For You. Aku menduga jika itu adalah novel ke dua dari Kak Ori, dan membenarkan bahwa novel itu adalah penulis yang sama dengan Infinitely Yours. Dan... AKU TIDAK TERTARIK UNTUK MEMBELINYA.

Seminggu setelah singgah di Gramedia, aku mencoba untuk mem­-browsing mengenai Kak Ori. Aku sungguh terkejut, dan tidak menyangka jika Kak Ori telah melahirkan lebih dari 15 karya (sekarang sudah 20 karya). WHAT A AMAZING SHE IS!!!  Nah, di sanalah aku mulai tertarik. Aku terus men­-search di google mengenai Kak Ori, dan karya-karyanya. Aku membaca setiap sinopsis novelnya, dan setelah itu entah ada himbauan dari mana aku INGIN MENGOLEKSI NOVEL KAK ORIZUKA. Merasa sudah jauh ketinggalan, aku perlahan bersabar untuk membeli novel Kak Ori (kondisi keuangan tidak memadai saat itu  -__-). Akhirnya, novel pertama Kak Ori yang kubeli adalah... I FOR YOU ---- Novel yang nyaris membuatku menangis karena kisahnya (haha, lebai :D) dan OUR STORY ---- Novel yang membuatku tidak pernah bosan membacanya bahkan berulang kali *Nino <3* ^ ^ Aku tidak akan membeberkan bagaimana cerita novelnya, dan hanya menyarankan untuk membelinya bagi kalian yang ingin tahu plus penasaran dengan ceritanya. Hehe :D Ini diaaa novelnya...



Lanjut dengan dua novel ini, aku SEMAKIN TERGILA-GILA untuk mengoleksi novel Kak Ori. Padahal, sebelumnya aku belum pernah berniat untuk mengoleksi novel manapun dengan lengkap. Walaupun aku telah mengoleksi beberapa novel Kak Prisca Primasari, dan Kak Luna Torashyngu, tetapi untuk novel Kak Ori aku ingin mengoleksinya SEMUANYA. Keinginan yang gila menurutku karena beberapa novel Kak Ori sudah tidak cetak ulang lagi. Seperti  Me  and My Prince Charming, Duhh.. susahnya jatuh cinta, The Shaman, dan Fight For Love. Setidaknya, aku akan berusaha mengoleksinya ^ ^ (Ganbatte Fani !!!! )


Sebulan setelah membeli dua novel Kak Ori, aku kembali membeli novel Kak Ori (dengan semangat menabung yang membara) yang berjudul THE TRUTH ABOUT FOREVER—salah satu novel yang aku begitu menyukai covernya, dan membuatku benar-benar ‘nyesek’ ketika membacanya. Sempat kebingungan mencari novel yang satu ini, aku putar sana menjelajahi per rak buku, bertanya pada pegawainya, mencari bersama teman-teman (aku pergi bersama Lusi, Nia, Ivani (Kekem setiaku, hehe) , dan Mega). Akhirnyaa, tau tidak aku menemukannya dimana?? Aku menemukannya di tempat aku berdiri cukup lama di sana tadinya. >.<  Oke, pencarianku selesai dan segera hendak turun ke lantai dua untuk membayar. Tetapi.. aku menemukan setumpuk novel OPPA AND I. Cukup berpikir keras untuk membelinya atau tidak. Namun, kalau niat awal sudah ingin mengoleksinya ujung-ujungnya aku membelinya dengan keadaan dompet yang semakin kritis T.T Nah, ini dia novelnya...



 

Pernah tidak merasa uring-uringan karena novel? Pernah tidak merasa, ‘aduh, kapanlah stoknya ada lagi’. Itulah yang kurasakan setelah membaca novel OPPA AND I. Walaupun aku bukan penggila K-pop atau apalah namanya, tetapi untuk novel Kak Ori adalah pengecualian. Setelah membaca OPPA AND I aku merasa digantung oleh kisahnya. Ditambah stok untuk OPPA AND I  : LOVE MISSIONS (seri kedua) sedang sold out di Gramedia. Dengan hati yang penuh digantung, maka aku mencoba untuk membelinya melalui online (gila!! Karena aku tidak pernah membeli buku via online). Namun, tahu tidak?? Sedang asik-asiknya mencari novel OPPA AND I  : LOVE MISSIONS seseorang menawarkanku untuk membeli novel Kak Ori yang berjudul 17 YEARS OF LOVE SONG. Ya Tuhan, siapapun bantu aku agar tidak membelinya (doaku saat itu). Aku tahu, karena keadaan dompetku sedang pas-pas an, dan diharuskan untuk menabung membeli perlengkapan keseharianku. Namun, sepertinya niat mengalahkan segala keadaan dompetku, ditambah novel yang satu ini sudah langka. Maka, aku memutuskan untuk membelinya via online (sekaligus membujuk si owner shop untuk menyediakan satu buku, karena aku akan mengirimi uang akhir Juni lalu. Dan.. dia setuju!! Thank you so much ‘Nasyaulshop’ ^^)

Setelah mengirimi uang untuk membeli novel 17 YEARS OF LOVE SONG, aku iseng-iseng menjejakkan Kaki ke Gramedia. Niat awalnya hanya sekedar cuci mata dan mengulur waktu pergi ke rumah adik kelasku *Putri Rahma Dian* untuk menjemput novelku yang dipinjam oleh adik kelasku yang lain. Betapa aku menggerutu dalam hati, karena ketika aku tidak membawa uang yang cukup, aku malah menemukan setumpuk novel OPPA AND I  : LOVE MISSIONS di samping novel OPPA AND  I. Bermodal kenekatan, dan berusaha berpikir keras supaya aku tidak harus jalan Kaki untuk pulang karena kehabisan uang, akhirnya aku membeli novel itu (dengan meminjam uang sisa titipan adikku). Setelah keluar Gramedia, aku tersenyum simpul menyaksikan beberapa minggu yang lalu aku uring-uringan dengan novel ini, dan nyaris membuatku gila akan novel. OPPA AND I  : LOVE MISSIONS ---- Aku begitu mencintai novel ini dengan sosok *Park Jae In* dan *Choi Seung Won* (berharap di seri ketiganya, akan didominasi oleh dua tokoh ini ^ ^ )


Tiga hari setelah kegilaanku membeli novel OPPA AND I  : LOVE MISSIONS, entah ada angin apa, ayahku dengan senang hati memberiku uang untuk membeli novel (untuk pertama kali selama 17 tahun aku hidup J). Sontak aku menyambut kegembiraan itu dengan hati berbunga-bunga karena aku sedang tipis menipis soal keuangan.
Tepat pada tanggal 30 Juni lalu, aku kembali menjelajahi Gramedia bersama *Azzah*--- adik sepupuku, dan adikku *Faros* --- yang ketika itu baru satu minggu selesai Khitanan. 

Perjalanan aku dan kedua adikku memakan waktu cukup lama, karena melihat kondisi Faros yang kesusahan untuk berjalan. Awalnya aku sudah melarangnya untuk pergi, dan membujuknya agar aku saja yang membelikannya naruto edisi terbaru. Dan namanya anak kecil, yaa keras kepala. Terpaksa aku harus berjalan dibelakangnya bersama Azzah karena ia berjalan bak siput -__-. Sesampai di Gramedia, aku langsung ke TKP dan mencari sosok buku Kak Ori yang baru cetak ulang ---- CALL ME MISS J.  Yeah, finally I got it ^^ (Aku suka dengan novelnya, isinya, tokohnya yang benar-benar patut diacungi jempol apalagi Raya, Lea dan sahabat-sahabatnya, tidak ketinggalan aku juga suka pembatas bukunya, dan kertas bukunya. Haha :D)


Kurang lebih empat minggu aku vakum akan kegilaanku dengan novel Kak Ori, aku kembali dibangkitkan dengan diterbitkannya novel terbaru Kak Ori. THE CHRONICLES OF AUDY : 4R. AKU KEMBALI DIRASUKI SYNDROME ORIZUKA. Aku membeli novel terbaru Kak Ori ditemani dengan adikku --- Faros yang ngebet membeli komik naruto (sepertinya kegilaanku dengan buku mulai merambah pada dirinya -__-). Dan.. inilah novel terakhir milik Kak Ori yang kubeli ^^



THE CHRONICLES OF AUDY : 4R --- Aku mengira novel ini seperti sekawanan dalam drama Meteor Garden, atau Boys Before Flower (tontonan ketika SMP -- DULUNYA) karena dikelilingi oleh empat orang laki-laki yang memiliki paras keren plus memikat. HAHAHA. 4R : Regan Romeo Rex Rafael. But, overall I love this novel. Aku menyukai semuanya, baik itu isinya, covernya, bahkan kertasnya yang membuatku semakin jatuh cinta pada novel ini. Wajar saja harganya lebih mahal, karena kertas yang digunakan sangat sangat bagus ^^ Dan... bahagianya karena aku mendapat pembatas buku ‘ROMEO’ (girang nggak ketulungan :D)



Bercerita panjang lebar tentang karya Kak Orizuka, membuatku semakin bersemangat untuk mengoleksi karyanya di tambah semangatku untuk tetap menulis. Saat ini, aku baru berhasil mengoleksi DELAPAN dari DUA PULUH NOVEL KAK ORIZUKA. Berarti sisanya adalah perjuanganku untuk kembali menabung dan menabung. Oke.. masih ada DUA BELAS NOVEL KAK ORIZUKA yang harus kukoleksi terlepas dari penerbit yang tidak ingin cetak ulang. Namun berharap CETAK ULANG!!! Amiin ^___^

*High School Paradise* *Love United* *Best Friends Forever* *Infinitely Yours* *Fate* *With You* *After School Club* *Summer Breeze* *The Shaman* *Duhh.. Susahnya Jatuh Cinta* *Me and My Prince Charming* *Fight For Love* (belum cetak ulang T.T)

(*Rifani Magrissa)

2 comments:

  1. aQ nyari" 17 years of love song,, tp gk nemu" kta e udh gk ready stock,,, qm beli dmana,, titp pooh,,tk bli e pooh leg gk bleh ta pnjem e,, pngin bnget baca thu soal e,, T_T

    ReplyDelete
  2. kalau ditoko buku emang udah gak ada lagi. Aku kemaren ni belinya via online di @nasyaulshop coba deh tanya disana, mana tau masih ada ^^

    ReplyDelete