Pages

August 12, 2015

[Review] I For You #Orizuka

Judul                : I for you: Cinta yang selalu menjagaku
Pengarang       : Orizuka
Penerbit           : Gagasmedia
Tahun terbit    : 2012
Cetakan            : Pertama 2012
                             Kelima 2013
Panjang            : 19 cm
Lebar               : 13 cm
Halaman          : 379 lembar
Harga               : Rp 47.000


“Jika hal yang paling sulit untuk kamu lakukan adalah mengucap ‘selamat tinggal’, saat itulah kamu tahu kamu sedang jatuh cinta”

Suatu hari dalam hidupku, kau dan aku bertemu. Masih jelas di ingatanku sosokmu yang memukauku. Lidahku jadi kelu, mulutku terkatup rapat karena malu. Setiap malam, bayanganmu menari-nari dalam benakku. Ada sejuta alasan mengapa aku begitu memujamu. Kau menyinari relung gelap hatiku. Kau satu-satunya orang yang ingin kurengkuh. Kau yang bertanggung jawab atas segala rindu. Kau adalah yang teristimewa bagiku. Tanda-tandanya sudah jelas : Aku menyukaimu. Tetapi, bagaimana caranya untuk mendekatimu? Kau begitu jauh, sulit kuraih dengan jari-jemariku. Dan semakin lama, aku mulai menyadari satu hal. Bahwa kau dan aku mungkin ditakdirkan tak bisa bisa bersatu. 

Begitulah kisah cinta yang cukup pelik antara Princessa Setiawan—Cessa—gadis bermata hazel yang jatuh cinta pada Surya—lelaki berkulit sawo matang, dan kutu buku. Kisah cinta yang berawal dari suatu kebencian dikarenakan perbedaan status antara mereka berdua. Cessa bak putri istana yang selalu didampingi Benji—pangeran  impian kaum hawa sangat membenci orang miskin. Sedangkan Surya—lelaki yang berhasil meraih beasiswa di sekolah ternama dengan notabene orang miskin sangat membenci orang kaya. 

Begitulah kisah mereka dimulai. Mereka membenci, namun diam-diam merasa saling membutuhkan. Cessa yang tadinya membenci Surya, perlahan mulai menerima keadaan status sosialnya. Hal ini berawal saat Surya menolong Cessa dari lemparan bola basket. Cessa menyadari sesuatu tumbuh di hatinya semenjak itu—sesuatu yang membuatnya bahagia. 

Kedekatan merekapun berlanjut, ditambah dengan kebiasaan Cessa mengikuti Surya ke perpustakaan. Mereka bercerita, berbagi tentang kehidupan. Sampai pada Cessa mengatakan bahwa ia menyukai Surya. Pernyataan yang membuat Surya tidak percaya bahwa bidadari bisa menyukainya. Akhirnya, Cessa pun berpacaran dengan Surya. Namun, kisah cinta yang mereka idamkan tidak selamanya berjalan mulus. Ditambah dengan sosok Benji yang selalu hadir di sisi Cessa karena suatu alasan. Hal yang paling menyakitkan bagi Surya adalah, ketika Cessa merasa kesakitan, atau terluka orang yang pertama dipanggilnya adalah Benji—bukan Surya pacarnya. 

Novel ini menyajikan tentang kehidupan masa remaja yang indah. Menggambarkan seseorang yang tidak normal ingin merasa normal dengan yang lainnya. Sosok yang rapuh, ingin terlihat sangat kuat dihadapan banyak orang. Novel ini memberikan banyak pelajaran bagi kita semua, bahwa orang yang tidak memiliki kemampuan yang cukup, masih ingin melakukan hal yang sama dengan orang lain. Tidak hanya itu,  di sini juga dijelaskan tentang status sosial yang sebenarnya tidak menjadi penghalang untuk meraih cita-cita. Ini terlihat ketika Surya mati-matian belajar untuk meraih beasiswa agar ia tetap bersekolah. 

Keunggulan dari novel ini terlihat dari alur yang disajikan oleh penulis. Setiap kata-kata yang dihadirkan seolah membuat pembaca tidak ingin melewatkan satu katapun. Selain itu, penulis juga menyajikan kalimat-kalimat yang bermakna, kalimat yang mudah dipahami, dan tidak terlalu banyak pendiskripsian cerita. 

Novel ini sangat  cocok untuk remaja yang menyukai cerita percintaan. Alur, dan cara penulis menyajikan cerita sangat cocok untuk remaja yang menyukai bacaan ringan. Jika kamu membaca novel ini nantinya, tentunya kamu tidak akan pernah bosan. Bahkan, ketika telah selesai membacanya, mungkin kamu ingin sekali lagi membacanya, dan lagi. Jadi, bisakah novel ini menjadi pertimbangan sebagai buku bacaan kamu?

Oke, selamat membaca !! 

 
***
Sedikit informasi kepada teman-teman sekalian. Novel I for you karya Orizuka ini adalah novel ke-15 dari 19 novelnya. Saya pribadi menyukai hampir semua novel yang kak Orizuka tulis. Beberapa novel-novelnya dari tahun 2005 telah banyak dicetak ulang. Jadi tidak ada salahnya teman-teman membacanya, dan mengomentari bagaimana novel kak Orizuka. Untuk mengetahui siapa kak Orizuka bisa kunjungi twitternya di @authorizuka  

Inilah novel-novel karya kak Orizuka dari tahun 2005 hingga sekarang 

Me and my prince charming, Summer Breeze, Duhh susahnya jatuh cinta, Miss J, High school paradise, Fight for love, Love United (High school paradise#2),The truth about forever, 17 years of love song, The shaman, FATE, Our story,After school club,Best friend forever (High school paradise#3),I for you, Infinitely yours, Oppa and I #1, Oppa and I #2, With you. 

Sebelumnya, telah diposting di sini

No comments:

Post a Comment